Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10863
Title: | Upaya Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Pada SMK Swasta Ar-Rahman Medan Tahun Pelajaran 2017/2018 |
Authors: | Maftayuna., Mirna |
Keywords: | Model Pembelajaran Group Investigation;Kemandirian, Hasil Belajar |
Issue Date: | 20-Mar-2018 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemandirian dan hasil belajar siswa Akuntansi kelas X di SMK Ar-Rahman Medan tahun ajaran 2017/2018, pada materi pokok Jurnal Khusus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Ak yang berjumlah 29 siswa. Objek penelitian adalah model pembelajaran Group Investigation. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, angket dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menghitung Rata-rata kelas, tingkat ketuntasan belajar, dan angket skala likert. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan Kemandirian belajar siswa kelas X Ak pada materi pokok Jurnal khusus. Hal ini dapat dibuktikan dari peningkatan 1) Hasil belajar siklus I yakni 41,38% dengan jumlah siswa yang tuntas 12 orang, pada siklus II meningkat menjadi 86,21% dengan jumlah siswa yang tuntas 25 orang. Sedangkan siswa yang tidak tuntas pada siklus I 58,62% dengan jumlah 17 orang, dan pada siklus II menjadi 13,79% dengan jumlah 4 orang. 2) Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I sangat aktif 5 orang dengan persentase 17,24%, aktif 7 orang persentase 24,14%, cukup aktif 9 orang persentase 31,03%, kurang aktif 8 orang persentase 27,59%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi sangat aktif 7 orang dengan persentase 24,14%, aktif 14 orang persentase 48,28%, cukup aktif 8 orang persentase 27,59%, kurang aktif tidak ada. 3) HasilKemandirian belajar akuntansi dari siklus I ke siklus II yang diperoleh dari lembar angket kemandirian belajar. Berdasarkan hasil angket, pada siklus I skor kemandirian belajar yang diperoleh sebesar 64,38% dan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 15,96% menjadi 80,34 |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10863 |
Appears in Collections: | Accounting Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI.pdf | 904.01 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.