Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10863
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMaftayuna., Mirna-
dc.date.accessioned2020-11-12T06:21:40Z-
dc.date.available2020-11-12T06:21:40Z-
dc.date.issued2018-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10863-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemandirian dan hasil belajar siswa Akuntansi kelas X di SMK Ar-Rahman Medan tahun ajaran 2017/2018, pada materi pokok Jurnal Khusus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Ak yang berjumlah 29 siswa. Objek penelitian adalah model pembelajaran Group Investigation. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, angket dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menghitung Rata-rata kelas, tingkat ketuntasan belajar, dan angket skala likert. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan Kemandirian belajar siswa kelas X Ak pada materi pokok Jurnal khusus. Hal ini dapat dibuktikan dari peningkatan 1) Hasil belajar siklus I yakni 41,38% dengan jumlah siswa yang tuntas 12 orang, pada siklus II meningkat menjadi 86,21% dengan jumlah siswa yang tuntas 25 orang. Sedangkan siswa yang tidak tuntas pada siklus I 58,62% dengan jumlah 17 orang, dan pada siklus II menjadi 13,79% dengan jumlah 4 orang. 2) Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I sangat aktif 5 orang dengan persentase 17,24%, aktif 7 orang persentase 24,14%, cukup aktif 9 orang persentase 31,03%, kurang aktif 8 orang persentase 27,59%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi sangat aktif 7 orang dengan persentase 24,14%, aktif 14 orang persentase 48,28%, cukup aktif 8 orang persentase 27,59%, kurang aktif tidak ada. 3) HasilKemandirian belajar akuntansi dari siklus I ke siklus II yang diperoleh dari lembar angket kemandirian belajar. Berdasarkan hasil angket, pada siklus I skor kemandirian belajar yang diperoleh sebesar 64,38% dan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 15,96% menjadi 80,34en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Group Investigationen_US
dc.subjectKemandirian, Hasil Belajaren_US
dc.titleUpaya Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Pada SMK Swasta Ar-Rahman Medan Tahun Pelajaran 2017/2018en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Accounting Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf904.01 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.