Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemandirian dan hasil belajar siswa
Akuntansi kelas X di SMK Ar-Rahman Medan tahun ajaran 2017/2018, pada
materi pokok Jurnal Khusus.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas X Ak yang berjumlah 29 siswa. Objek penelitian adalah model
pembelajaran Group Investigation. Instrumen penelitian yang digunakan adalah
tes, angket dan observasi.
Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menghitung Rata-rata
kelas, tingkat ketuntasan belajar, dan angket skala likert. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation
dapat meningkatkan Kemandirian belajar siswa kelas X Ak pada materi pokok
Jurnal khusus. Hal ini dapat dibuktikan dari peningkatan 1) Hasil belajar siklus I
yakni 41,38% dengan jumlah siswa yang tuntas 12 orang, pada siklus II
meningkat menjadi 86,21% dengan jumlah siswa yang tuntas 25 orang.
Sedangkan siswa yang tidak tuntas pada siklus I 58,62% dengan jumlah 17 orang,
dan pada siklus II menjadi 13,79% dengan jumlah 4 orang. 2) Hasil observasi
aktivitas belajar siswa pada siklus I sangat aktif 5 orang dengan persentase
17,24%, aktif 7 orang persentase 24,14%, cukup aktif 9 orang persentase 31,03%,
kurang aktif 8 orang persentase 27,59%. Sedangkan pada siklus II meningkat
menjadi sangat aktif 7 orang dengan persentase 24,14%, aktif 14 orang persentase
48,28%, cukup aktif 8 orang persentase 27,59%, kurang aktif tidak ada.
3) HasilKemandirian belajar akuntansi dari siklus I ke siklus II yang diperoleh
dari lembar angket kemandirian belajar. Berdasarkan hasil angket, pada siklus I
skor kemandirian belajar yang diperoleh sebesar 64,38% dan pada siklus II
terjadi peningkatan sebesar 15,96% menjadi 80,34