Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10669
Title: | Pengaruh Pembelajaran Realistik Menggunakan Software Geogebra Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Swasta Hubbul Wathan Tabuyung T.P 2017/2018 |
Authors: | Sari, Nur Amala |
Keywords: | Hasil Belajar;Pembelajaran Realistik |
Issue Date: | 20-Mar-2018 |
Abstract: | Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang pengaruh dan besarnya pengaruh pembelajaran realistik menggunakan software geogebra terhadap hasil belajar matematika siswa MTs tersebut. Yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dan besarnya pengaruh pembelajaran realisik menggunakan software geogebra terhadap hasil belajar matematika siswa MTs Swasta Hubbul Wathan Tabuyung. Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian eksperimen yang berlokasi di MTs Swasta Hubbul Wathan Tabuyung dengan populasi 3 kelas dan yang diambil sebagai sampel sebanyak 1 kelas yaitu kelas VII-1 yang berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes tertulis berbentuk uraian terdiri dari 10 soal yang sebelumnya telah divalidasi menngunakan uji validitas diluar kelas sampel. Berdasarkan analisis data untuk kelas eksperimen adalah dari hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,048 >1,713 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran realistik menggunakan software geogebra terhadap hasil belajar matematika siswa MTs Swasta Hubbul Wathan Tabuyung T.P 2017/2018. Dan besarnya pengaruh penggunaan model pembelajaran realistik menggunakan software geogebra terhadap hasil belajar matematika siswa MTs Swasta Hubbul Wathan Tabuyung T.P 2017/2018 sebesar 52,5% dan sisanya sebesar 47,5% dipengaruhi faktor lainnya |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10669 |
Appears in Collections: | Mathematics education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
NUR AMALA SARI.pdf | 4.31 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.