Abstract:
Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang pengaruh dan besarnya pengaruh
pembelajaran realistik menggunakan software geogebra terhadap hasil belajar
matematika siswa MTs tersebut. Yang bertujuan untuk mengetahui adanya
pengaruh dan besarnya pengaruh pembelajaran realisik menggunakan software
geogebra terhadap hasil belajar matematika siswa MTs Swasta Hubbul Wathan
Tabuyung. Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian eksperimen
yang berlokasi di MTs Swasta Hubbul Wathan Tabuyung dengan populasi 3 kelas
dan yang diambil sebagai sampel sebanyak 1 kelas yaitu kelas VII-1 yang
berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes
tertulis berbentuk uraian terdiri dari 10 soal yang sebelumnya telah divalidasi
menngunakan uji validitas diluar kelas sampel. Berdasarkan analisis data untuk
kelas eksperimen adalah dari hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,048
>1,713 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model
pembelajaran realistik menggunakan software geogebra terhadap hasil belajar
matematika siswa MTs Swasta Hubbul Wathan Tabuyung T.P 2017/2018. Dan
besarnya pengaruh penggunaan model pembelajaran realistik menggunakan
software geogebra terhadap hasil belajar matematika siswa MTs Swasta Hubbul
Wathan Tabuyung T.P 2017/2018 sebesar 52,5% dan sisanya sebesar 47,5%
dipengaruhi faktor lainnya