Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10261
Title: Analisis Keefektifan Belajar Matematika Menggunakan Strategi Giving Question And Getting Answer Pada Siswa MTs Proyek Kandepag T.P 2017/2018.
Authors: Rambe, Rovi Aldina
Keywords: Strategi Giving Question And Getting Answer
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keefektifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Siswa lebih banyak pasif dalam proses pembelajaran dengan metode ceramah, tidak cukup dengan diberikannya metode ceramah atau demostrasi yang dibekali dengan teori yang diajarkan tetapi siswa harus mengaplikasikan pemahaman tersebut kedalam praktek sehingga siswa lebih terampil dalam melakukan dan menguasai pelajaran matematika tersebut. Untuk itu dalam penelitian ini penulis memilih strategi yang dapat menciptakan keefektifan belajar matematika siswa yaitu strategi Giving Question and Getting Answer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keefektifan belajar matematika siswa melalui strategi Giving Question and Getting Answer pada siswa MTs Proyek Kandepag T.P 2017/2018. Instrument penelitian ini melalui tes mengenai ketuntasan belajar siswa, observasi mengenai aktivitas belajar siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta angket mengenai respon siswa terhadap pembelajaran yang positif. Soal tes keefektifan belajar matematika siswa mengenai uraian dan menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 T.P 2017/2018 yang berjumlah 36 siswa. Keefektifan belajar ditinjau dari ketuntasan belajar memperoleh persentase sebesar 80,56% dan berada pada kategori baik ditinjau dari aktivitas belajar siswa memperoleh persenta sesebesar 76,68% dan berada pada kategoriaktif ditinjau dari kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran memperoleh persentase 77,17% dan berada pada kategori baik ditinjau dari respon siswa memperoleh persentasese besar 82,08% dan berada pada kategori positif. Karena dari keempat indicator keefektifan belajar matematika terpenuhi maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi Giving Question and Getting Answer dapat menciptakan pembelajaran matematika menjadi efektif pada siswa MTs Proyek Kandepag T.P 2017/2018
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10261
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ROVI ALDINA RAMBE.pdf1.4 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.