Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10234
Title: Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Concept Map Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Swasta YWKA Medan T.P 2017/2018
Authors: Siregar, Dina Sartika
Keywords: Saintifik Berbasis Concept Map Terhadap Hasil Belajar
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Apakah hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan saintifik berbasis Concept Map lebih baik dari hasil belajar matematika dengan menggunakan model konvensional siswa pada pokok bahasan Persamaan Linier Dua Variabel. Sampel dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan instrument test yang telah diuji cobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa diuji normalitas dan homogenitasnya, hasil yang di dapat kedua kelompok sampel homogeny dan berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan degan menggunakan uji-t test satu pihak (pihak kanan ) dan diperoleh thitung = 2,8651 sedangkan ttabel = 1,697 untuk α = 0,05 dan db = 53. Dengan demikian thitung > ttabel, maka Ha diterima yakni hasil belajar siswa yang diajar dengan saintifik berbasis Concept Map pada pokok bahasab Persamaan Linier Dua Variabel. Dengan melihat keberhasilan belajar dengan menggunakan saintifik berbasis Concept Map, maka diharapkan dapat diaplikasikan dalam pembelajaran matematika.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10234
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf788.98 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.