Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Apakah hasil belajar siswa
dengan menggunakan pendekatan saintifik berbasis Concept Map lebih baik dari
hasil belajar matematika dengan menggunakan model konvensional siswa pada
pokok bahasan Persamaan Linier Dua Variabel. Sampel dua kelas, yaitu kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan instrument test yang
telah diuji cobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa diuji normalitas dan
homogenitasnya, hasil yang di dapat kedua kelompok sampel homogeny dan
berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan degan menggunakan uji-t test satu
pihak (pihak kanan ) dan diperoleh thitung = 2,8651 sedangkan ttabel = 1,697 untuk α
= 0,05 dan db = 53. Dengan demikian thitung > ttabel, maka Ha diterima yakni hasil
belajar siswa yang diajar dengan saintifik berbasis Concept Map pada pokok
bahasab Persamaan Linier Dua Variabel. Dengan melihat keberhasilan belajar
dengan menggunakan saintifik berbasis Concept Map, maka diharapkan dapat
diaplikasikan dalam pembelajaran matematika.