Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kondisi siswa yang masih memiliki perilaku bullying, masih terdapat siswa yang mengejek teman. Tujuan penelitian ini adalah untuk meminimalisir perilaku bullying pada siswa. Penelitian ini dilaksanakan di Smp Swasta Daya Cipta Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Menurut pendekatannya penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah siswa yang memiliki perilaku bullying di kelas VIII yang berjumlah 3 orang, 1 orang kelas VIII-1 dan 2 orang kelas VIII Terpadu yang perilaku bullyingnya tampak terhadap teman-temannya disaat belajar maupun di saat jam istirahat. Penelitian ini merupakan deskriptif dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data pelaksanaan penelitian di lakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan selama penelitian berlangsung, maka dari hasil tersebut dapat dilihat meningkatnya kesadaran siswa untuk meminimalisir perilaku bullying siswa pada teman-temannya. Dari Hasil analisis data yang menggunakan observasi dan wawancara dapat meminimalisir perilaku bullying siswa telah berkurang dengan penerapan layanan konseling individual untuk meminimalisir perilaku bullying siswa kelas VIII SMP Swasta Daya Cipta Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.