Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan bimbingan
kelompok dengan tehnik bermain peran (Role Playing) dalam meningkatkan aktivitas
belajar siswa kelas XI SMA NEGERI 1 Takengon Tahun Pembelajaran 2017/2018
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan kualitatif dengan jenis
penelitaian Tindakan Kelas (PTK), Model Kurl Lewin dengan 2 (dua) siklus. Teknik
data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang bersifat
kualitatif yang terdiri dari hasil observasi dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif
kualitatif, data yang berupa angka atau data kualitatif dianalisis dengan menggunakan
analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian data setelah penerapan metode pembelajaran ROLE
PLAYING menunjukan keaktifan belajar siswa kelas XI SMA NEGERI 1 Takengon
Tahun Pembelajaran 2017/2018 berjalan dengan efektif, Hal ini terlihat peningkatkan
keaktifan belajarsiswa pada setiap tindakan. Hal ini terjadi karena setiap siswa
mempunyai karakter yang berbeda-beda sehingga suasana hati setiap masing-masing
siswa berbeda-beda yang mempengaruhi keaktifan belajar siswa. Jadi dapat
disimpulkan keaktifan belajar siswa kelas XI SMA NEGERI 1 Takengon Tahun
Pembelajaran 2017/2018 berjalan efektif.