Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen sawi
pakcoy hidroponik, proses keputusan pembelian sawi pakcoy hidroponik dan
bagaimana kepuasan konsumen sawi pakcoy hidroponik di Berastagi
Supermarket. Pemilihan lokasi di Berastagi Supermarket dengan pertimbangan
bahwa Berastagi Supermarket merupakan salah satu supermarket yang terbesar
yang ada di Kota Medan. Lokasi penelitian dilakukan diBerastagi Supermarket
yang ada di Jalan Jend. GatotSubroto.
Metode penentuan sampel ini dilakukan dengan metode accidental
sampling yaitu menentukan sampel berdasarkan kebetulan bertemu dengan
peneliti dengan jumlah responden yaitu sebanyak 30 orang. Jenis data yang
digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan
adalah analisis deskriptif dengan 4 alat kepuasan yaitu harga, kesegaran, kemasan
dan size(ukuran).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan jeniskelamin,
responden sawi pakcoy hidroponik yang paling tinggi adalah wanita yaitu
sebanyak 26 orang, berdasarkan usia mayoritas 31-40 tahun dan berdasarkan
pendidikan terakhir yaitu S1. Pada proses keputusan pembelian, konsumen
memiliki motivas iaman bagi kesehatan dan dengan mengkonsumsi sawi pakcoy
hidroponik dapat mewujudkan gaya hidup sehat namun terkendala dengan
kebiasaan mengkonsumsi sawi pakcoy non-hidroponik dan untuk kepuasan
konsumen didapat hasil bahwa mayoritas konsumen puas dengan harga yang
ditawarkan, kesesuaian harga dengan kualitas produk, ketersediaan sawi pakcoy
hidroponik, penampilan fisik, warna sawi pakcoy hidroponik, penampilan luar
dan design kemasan sawi pakcoy hidroponik