Abstract:
Laju pertumbuhan perekonomian khususnya di bidang transportasi
semakin bersaing ketat, perusahaan-perusahaan transportasi terkhusus transportasi
online semakin banyak mengeluarkan produk-produk layanan baru yang menjadi
unggulan, bahkan dalam sebuah perusahaan melakukan diversifikasi layanan
dengan mengeluarkan jenis-jenis dan keunggulan yang berbeda-beda.
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh
harga dan bauran promosi terhadap loyalitas pelanggan jasa transportasi online
(Gojek) (Studi Pada Mahasiswa Umsu), Pendekatan yang dilakukan dalam
penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah tak
terhingga, dengan teknik accidental sampling, sehingga diambil sampel 100
orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan teknik dokumentasi. Pengolahan data dalam penelitian ini
menggunakan program Software SPSS (Statistic Package for the Social Science)
21 for windows dengan teknik analisis regresi linear berganda.
Hasil dari penelitian ini membuktikan Secara parsial, masing-masing
variabel Harga dan Bauran Promosi berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan
Gojek pada Mahasiswa UMSU, Secara simultan, variabel Harga dan Bauran
Promosi berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan Gojek pada Mahasiswa
UMSU dan Harga dan Bauran Promosi secara bersama-sama mempunyai
berpengaruh sebesar 80,2% terhadap Loyalitas Pelanggan, sedangkan sisanya
19,8% Loyalitas Pelanggan dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak
diteliti dalam penelitian ini