Abstract:
Dalam penelitian ini masalah yang tampak adalah siswa kurang memahami
menuliskan sebuah cerita fantasi yang sesuai dengan ciri-cirinya. Hal tersebut
diakibatkan karena guru menggunakan media pembelajaran yang tidak bervariasi
sehingga mengakibatkan siswa kesulitan menemukan ide penulisan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video klip terhadap kemampuan
menulis cerita fantasi oleh siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 25 Marubun
Jaya yang berjumlah 48 siswa dan tersebar dalam 2 kelas. Dalam penentuan
sampel peneliti menggunakan teknik sampling jenuh dan terpilih kelas VII-B
berjummlah 24 Siswa sebagai kelas eksperimen dan Kelas VII-A sebagai kelas
kontrol berjumlah 24 siswa.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes esai yaitu menulis cerita fantasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kemampuan menulis cerita
fantasi setelah perlakuan menggunakan media video klip memperoleh nilai ratarata
86,16 termasuk dalam kategori baik sekali, sementara kelompok siswa yang
tidak menggunakan media video klip memperoleh nilai 54,58 termasuk dalam
kategori kurang. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hipotesis terbukti,
melalui uji hipotesis uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 11,70 > 2,01. Hal ini berarti
terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media vide klip terhadap
kemampuan menulis cerita fantasi oleh siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 25
Marubun Jaya tahun pembelajaran 2019-2020.