Abstract:
Loyalitas adalah kemauan pelanggan untuk terus menerus mendukung
sebuah perusahaan dalam jangka panjang, membeli menggunakann produk dan
jasanya atas dasar rasa suka yan eklusif dan secara suka rela merekomendasikan
produk perusahaan kepada para kerabatnya”dengan demi kian dapat diketahui
bahwa seorang pelanggan dikatakan loyal terhadap produk perusahaan bila
pelanggan tersebut tetap setia loyal terhadap produk perusahaan bila pelanggan
tersebut tetap setia menggunakan atau mengkomsumsi hanya dari produsen yang
lain.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh Harga dan
Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Penelitian ini menggunakan
metode pengujian uji T dan uji F sebagai teknik analisis data yang digunakan
untuk mendapatkan jawaban dari hipotesis pada penelitian ini, dengan jumlah
sampel sebanyak 100 responden yang ditentukan dengan teknik Quota sampling
sebagai penentu jumlah responden yang ditujukan untuk PT. Pos Indonesia
(Persero) Medan, dimana metode pengumpulan data yang digunakan adalah
angket / qusioner.
Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai signifikansi harga berdasarkan uji t
ada pengaruh signifikan anatar Harga dengan Loyalitas Pelanggan. Dari hasil
penelitian ini diperoleh nilai signifikansi Kepuasan Pelanggan berdasarkan uji t
yaitu ada pengaruh signifikan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan.
Berdasarkan hasil uji F terdapat ada pengaruh signifikan Harga dan Kepuasan
Pelanggan dengan Loyalitas secara bersamaan dengan nilai 12,216 > 3,06 dengan
signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai r-squer sebesar 44,9 % hal ini berarti
konstribusi variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 44,9% sisanya 55,1%
diengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian.