Abstract:
Keputusan pembelian merupakan salah satu hal yang penting bagi
perusahaan di sini perusahaan harus mempunyai kecakapan dalam merangsang
keinginan konsumen sehingga mampu membangkitkan keinginan serta hasrat
konsumen dalam memutuskan untuk membeli produk / jasa yang ditawarkan oleh
perusahaan.Keputusan Pembelian dapat dipengaruhi berbagai faktor diantaranya
Citra Merek dan Daya Tarik Promosi.
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui penaruh Citra Merek
dan Daya Tarik Promosi terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda
CBR 150 R pada pt. Indako Trading Coy Medan.Sampling penelitian ini
menggunakan sampling kuota dengan pendekatan asosiatif/kuantitatif sebanyak
100 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket
(questioner).Teknik analisis data menggunakan uji asumsu klasik, regresi linier
berganda,uji t,uji f dan koefisien determinasi.
Hasil persamaan regresi berganda Y = 5.080 + 0.408 X1 + 0.362 X2 + e.
Hasil Uji t ada pengaruh variabel Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian
dimana thitung 5,782 > 1,660 ttabel. Ada pengaruh Daya Tarik Promosi terhadap
Keputusan Pembelian dimana thitung 3.939 > ttabel 1,660. Nilai Uji f diperoleh
Fhitung sebesar 37,004 sedangkan Ftabel sebesar 3,09 yang dapat dilihat pada α =
0,05 probabilitas siginifikan jauh lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05
menunjukan Citra Merek dan Daya Tarik Promosi berpengaruh signifikan
terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Indako Trading Coy Medan. Koefisien
determinasi nilai R-Square sebesar 0,421 menunjukan 42,1% Keputusan
Pembelian dipengaruhi Citra Merek dan Daya Tarik Promosi, sisanya 57,9%
dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.