Research Repository

Strategi Pengembangan Usaha Keripik Pisang Gosong” (Studi Kasus : Desa Teratak Perkebunan Sei Bejangkar, Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batu Bara)

Show simple item record

dc.contributor.author Mardiyanti, Siti
dc.date.accessioned 2020-11-10T05:43:20Z
dc.date.available 2020-11-10T05:43:20Z
dc.date.issued 2018-05-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9751
dc.description.abstract Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2018 di Desa Teratak Perkebunan Sei Bejangkar, Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batubara, yang dilakukan secara purposive bahwa wilayah ini merupakan daerah yang memiliki jumlah pengusaha keripik pisang gososng terbanyak yang ada di Kabupaten Batu Bara. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah usaha keripik pisang gosong layak untuk di usahakan dan strategi pengembangan usaha keripik pisang gosong. Metode penarikan sampel menggunakan Sample Jenuh yaitu semua anggota populasi diambil sebagai anggota sampel. Metode analisis data yang digunakan analisis pendapatan, analisis kelayakan usaha (R/C, dan B/C), dan Analisis SWOT. Hasil penelitian diperoleh usaha keripik pisang gosong ini sangat layak dikembangkan di daerah penelitian, karena selain keuntungannya yang besar proses pengolahan juga cukup mudah.Dari hasil pendapatan rata-rata pelaku usaha di daerah penelitian Rp 394.7093333/Hari untuk satu kali produksi dalam sehari. Didaerah penelitian usaha keripik pisang gosong mendapat R/C sebesar 1,49 sehingga R/C 1,49 > 1 dan B/C sebesar 0,49 sehingga B/C 0,49 < 1 maka usaha keripik pisang gosong di daerah penelitian tidak layak untuk diusahakan. Strategi pengembangan yang harus dilakukan usaha keripik pisang gosong adalah strategi SO (Strength - Opportunities), yaitu meningkatkan jumlah produksi serta menjaga kualitas keripik pisang gosong agar keinginan konsumen terpenuhi dan meningkatkan penjualan (S1,3 dan O1). Menciptakan variasi rasa dari keripik pisang gosong seperti rasa balado, dan barbeque, dan original serta pengoptimalan kemasan dengan membuat merk pruduk, usia produksi, label halal dan brand keripik pisang gosong agar penjualan keripik pisang gosong dapat masuk ke pasar-pasar modern untuk memperluas perkembangan usaha (S2, dan O2). Meningkatkan jumlah tenaga kerja dalam proses produksi untuk meningkatkan kuantitas produksi dan menciptakan inovasi keripik pisang gosong dan dalam usaha ini sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan terhadap masyarakat setempat (S4 dan O3). Rekomendasi penelitian : Semoga penelitian ini dapat bermanfaat terhadap pelaku usaha keripik pisang gosong, karena dari hasil penelitian yang saya lakukan usaha keripik pisang gosong sangat baik kedepannya. Semoga dengan adanya penelitian ini dapat memotivasi pelaku usaha keripik pisang gosong untuk lebih meningkatkan produksi dalam usaha keripik pisang gosong en_US
dc.subject Usaha Keripik Pisang Gosong en_US
dc.title Strategi Pengembangan Usaha Keripik Pisang Gosong” (Studi Kasus : Desa Teratak Perkebunan Sei Bejangkar, Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batu Bara) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account