Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji pengaruh hubungan
interpersonal dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja pada PT. Bank
Tabungan Negara (Persero) Tbk Cabang Medan. Jenis penelitian ini adalah
penelitian asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan
PT.Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Cabang Medan. Metode pengambilan
sampel menggunakan teknik sampling jenuh dimana seluruh anggota populasi
dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan
angket (kuesioner). Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier
berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan hubungan
interpersonal dan budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
kerja. Secara parsial, hubungan interpersonal berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan kerja, begitu juga dengan budaya organisasi berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan kerja.