Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya Pengaruh Media Sosial
dan Transfer Pengetahuan terhadap Kinerja: Studi Pada Kalangan Guru Di
Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten
Deli Serdang
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi
penelitian ini adalah seluruh guru-guru sekolah mulai dari tingkat SD, SMP, dan
SMA/SMK di wilayah Kecamatan Percut Sei Tuan, Deli Serdang. Untuk itu,
pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan salah satu dari teknik
non-probability sampling, khususnya menggunakan Snowball Sampling. Karena
jumlah populasi tidak diketahui, maka penulis menetapkan jumlah sampel
minimal sebanyak 100 orang. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan
daftar pernyataan (Kuisioner). Namun setelah dilakukan penyempurnaan data,
yang layak dijadikan sampel hanya 85 orang.
Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji
reliabilitas, Data-data yang penulis kumpulkan, selanjutnya dianalisis dengan
salah satu teknik statistik yang menggunakan variabel bebas, terikat dan variabel
intervening yakni analisis jalur (path analysis).
1. pengaruh pengguna media sosial terhadap transfer pengetahuan adalah
positif dan signifikan.
2. Pengaruh pengguna media sosial terhadap kinerja Guru adalah positif dan
signifikan.
3. Pengaruh transfer pengetahuan terhadap kinerja Guru adalah positif dan
signifikan.
4. Pengaruh media sosial terhadap kinerja Guru tidak dimediasi oleh transfer
pengetahuan.