Abstract:
Permasalahan selalu ada dalam kehidupan, siswa yang kurang mampu
memahami, berargumentasi atau menyampaikan pendapat dengan baik, terutama
dalam proses belajar mengajar, kurang mampu tanggap terhadap pertanyaanpertanyaan
dikelas, takut untuk mengemukakan pendapat, kurang mampu
mengontrol diri saat diberi pertanyaan dikelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk
Membantu Perencanaan Pengembangan Karir Siswa Kelas XII SMA ASUHAN
DAYA Tahun Pembelajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa
kelas XII Asuhan Daya berjumlah sebanyak 28 siswa dan objeknya adalah 10 siswa.
Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi
dan wawancara yang sesuai dengan penerapan layanan bimbingan kelompok untuk
membantu perencanaan pengembangan karir siswa. Adapun teknik analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan reduksi data, penyajian
data, dan mengambil kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa
penerapan layanan bimbingan kelompok dalam membantu perencanaan karir sudah
diterapkan seiring pembiasaan siswa dalam proses belajar di kelas. Dengan adanya
layanan tersebut, masalah anak yang mengalami kesulitan menentukan
perencanaan pengembangan karir siswa sudah mulai mampu untuk memahami
dengan baik khususnya pada kelas XII di SMA Asuhan Daya Medan Tahun
Pembelajaran 2017/2018.