Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana layanan bimbingan
kelompok untuk mengurangi perilaku menyontek kelas X TKJ Tamansiswa
Medan Tahun Ajaran 2019/2020.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi perilaku menyontek
kelas X TKJ Tamansiswa Medan Tahun Ajaran 2019/2020.Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif.. Objek
penelitian ini sebanyak 10 siswa kelas X yang memiliki ciri-ciri perilaku
menyontek tinggi. Sample yang digunakan adalah teknik purposive sampling.
Instrumentasi pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Dengan dilakukannya
Bimbingan Kelompok untuk mengurangi perilaku menyontek.Untuk mengurangin
perilaku menyontek pada siswa kelas X TKJ Tamansiswa Medan Tahun Ajaran
2019/2020 terjadi menurunkan prilaku menyontek pada siswa. Berdasarkan hasil
penelitian dapat digambarkan bahwa perilaku menyontek siswa telah menurun
yang mulanya 80% menjadi 30%