Research Repository

Penerapan Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy Untuk Meminimalisir Kesulitan Belajar Siswa Kelas Viii Smp Islam Terpadu Ibnu Halim Medan Deli Tahun Ajaran 2018/2019

Show simple item record

dc.contributor.author Firlanda, Dini
dc.date.accessioned 2020-03-01T06:59:08Z
dc.date.available 2020-03-01T06:59:08Z
dc.date.issued 2019-09-09
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/971
dc.description.abstract Tujuan Konseling Kelompok dalam meminimalisir kesulitan belajar siswa di sekolah untuk membantu siswa agar lebih giat dan semangat dalam hal pembelajaran yang sedang berlangsung dikelas. Hal ini bertujuan untuk mengetahui: Bagaimana Penerapan Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy Untuk Meminimalisir Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII SMP Islam Terpadu Ibnu Halim Medan Deli Tahun Ajaran 2018/2019. Untuk menjawab suatu pernyataan maka penulis mengambil lokasi di SMP Islam Terpadu Ibnu Halim Medan, sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah siswa yang mengalami kesulitan dalam hal belajar di sekolah berjumlah 8 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara, wawancara dilakukan dengan Kepala Sekolah, Guru Bimbingan dan Konseling dan Siswa kelas VIII-2 di SMP Islam Terpadu Ibnu Halim Medan Deli yang mengalami ksulitan dalam hal belajar. Jadi hasil penelitian atau Konseling dan Kelompok yang diberikan pada siswa adalah siswa yang mengalami kesulitan dalam hal belajar disekolah. Konseling Kelompok ini dilaksanakan 2 kali pertemuan, siswa lebih leluasa dalam merespon dan aktif dalam berlangsungnya proses belajar mengajar di sekolah. Sebelum melakukan observasi yaitu kelas VIII-2 kesulitan belajarnya berkisar diantaranya 50%, lalu ketika peneliti melakukan konseling kelompok dengan pendekatan cognitive behavior therapy maka terjadilah peningkatan mengenai cara meminimalisir kesulitan belajar siswa yaitu sebesar 80%. Jadi dapat disimpulkan bahwa Penerapan Layanan Konseling Kelompok dapat Meminimalisir Kesulitan Belajar Siswa Disekolah kelas VIII-2 SMP Islam Terpadu Ibnu Halim Medan Deli Tahun Ajaran 2018/2019. en_US
dc.subject Layanan Konseling Kelompok en_US
dc.subject Pendekatan Cognitive Behavior Therapy en_US
dc.subject Kesulitan Belajar Siswa en_US
dc.title Penerapan Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy Untuk Meminimalisir Kesulitan Belajar Siswa Kelas Viii Smp Islam Terpadu Ibnu Halim Medan Deli Tahun Ajaran 2018/2019 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account