Abstract:
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh persepsi dan citra terhadap
keputusan konsumen, pendekatan penelitian ini adalah penelitian asosiatif.
Tekhnik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan study
dokumentasi, sedangkan tekhnik analisis data menggunakan metode regresi linear
berganda yang sebelumnya dilakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu yaitu uji
normalitas, multikolinearitas, heterokedastisitas, lalu pengujian dilanjutkan
dengan uji t, uji f, dan koefesien derteminasi.
Berdasarkan data yang telah terkumpul, maka diketahui jawaban dari rumusan
masalah yang diteliti yaitu ada pengaruh signifikan antara X1 terhadap Y dengan
nilai ketentuan t hitungnya 4,518 dan t tabelnya 1,995 dikarnakan t hitung lebih
besar dari t table dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dan dari data yang telah
diteliti ada pengaruh signifikan antara X2 terhadap Y dengan nilai ketentuan t
hitungnya 2,125 dan t tabelnya 1,995, dikarnakan t hitung lebih besar dari t table
dengan nilai signifikansi 0,037 < 0,05. Dari hasil pengujian secara uji F (simultan)
menunjukkan X1 dan X2 sacara bersama berpengaruh signifikan terhadap Y
dengan nilai ketentuan f hitungnya 19,085 dan f tabelnya 3,98, dikarnakan f
hitung lebih besar dari f table dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, artinya
persepsi dan citra perusahaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan
konsumen pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Cabang Medan Utara.