Abstract:
Keputusan pembelian sebagai tahap dalam proses pengambilan keputusan
pembeli di mana konsumen benar-benar membeli. Keputusan pembelian yang
tinggi dari konsumen atas suatu produk merupakan aspek paling penting bagi
suatu perusahaan dalam melakukan kegiatan bisnisnya. Untuk meningkatkan
pembelian yang tinggi dari konsumen, perusahaan harus memperhatikan faktorfaktor yang mempengaruhi keputusan pembelian, diantaranya adalah inovasi
produk, citra merek dan daya tarik iklan. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan
menganalisis pengaruh Inovasi Produk, Citra Merek dan Daya Tarik Iklan secara
simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian
Sepeda Motor Yamaha pada PT ALFA SCORPII PUSAT Medan. Metode dalam
penelitian ini dengan pendekatan survey, jenis penelitian ini adalah deskriptif
kuantitatif dan sifat penelitian ini adalah deskriptif eksplanatory. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan daftar pertanyaan dan studi dokumentasi.
Metode analisis data yang digunakan dengan regresi linear berganda. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa Inovasi produk, Citra merek dan Daya tarik iklan
secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian
Sepeda Motor Yamaha N-Max pada PT ALFA SCORPII PUSAT Medan. Inovasi
produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan
Pembelian Sepeda Motor Yamaha N-Max pada PT ALFA SCORPII PUSAT
Medan,Citra merek secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap
Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha N-Max pada PT ALFA SCORPII
PUSAT Medan, Daya Tarik Iklan secara parsial berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha N-Max pada PT
ALFA SCORPII PUSAT Medan dan Koefisien determinasi menunjukkan bahwa
kemampuan Inovasi produk (X1), Citra merek (X2) dan Daya tarik iklan (X3)
dapat menjelaskan variasi dari Keputusan pembelian adalah sebesar 61,4%
sedangkan sisanya sebesar 38,6% dijelaskan oleh variabel-variabel independen
yang tidak diteliti.