Abstract:
Bimbingan belajar adalah bimbingan dalam hal menemukan cara belajar yang
tepat, memilih program studi yang sesuai dalam mengatasi kesulitan-kesulitan
yang timbul dalam belajar, bimbingan belajar juga membanu siswa
mengenal,menumbuhkan dan mengembangkan diri,sikap dan kebiasaan yang baik
untuk menguasai pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan program belajar.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengatasi kesulitan belajar siswa
melalui layanan informasi bidang bimbingan belajar . Penelitian ini dilaksanakan
di SMP Muhammadiyah 8 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018, yang
beralamat berada di .Jl. Utama no. 170 , Kecamatan Medan Area, Kota Medan,
Sumatera Utara.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deduktif kualitatif dengan
Populasi dan Sampel penelitian adalah: siswa kelas VII untuk dapat meningkatkan
ketekunan belajar siswa. Proses pengambilan data dilakukan selama dua minggu
yakni pada bulan Januari 2018, dengan teknik pengumpulan data, wawancara,
observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan: upaya mengatasi kesulitan
belajar siswa melalui layanan informasi bidang bimbingan belajar yang dilakukan
oleh guru bimbingan dan konseling sudah berjalan dengan optimal. Siswa bisa
mengatasi masalah belajarnya setelah diberikannya Layanan Informasi yang
diberikan guru bimbingan dan konseling sudah benar mengalami perubahan
dengan demikian bimbingan dan konseling sangat berperan.