Abstract:
Penelitian ini dilaksanakan di Pasar Pagi Kabupaten Aceh Tamiang.
Adapun tujuan penelitian ini adalah menganalisis keterlibatan konsumen dalam
mengambil keputusan pembelian minyak goreng dipasar pagi, dan menganalisis
perilaku konsumen minyak goreng di pasar pagi Kabupaten Aceh Tamiang.
Sampel terdiri dari para pembeli minyak goreng yang berada di pasar pagi.
Penentuan sampel ditentukan secara accidental atau siapa yang kebetulan ada
dilokasi dengan mewawancarai langsung pembeli dengan jumlah sampel yang
diguanakan 30 respoden. Model analisis data yang digunakan adalah analisis
deskriptif dan metode zaichowsky.
Hasil keterlibatan konsumen menunjukkan bahwa keterlibatan konsumen
dalam proses pengambilan keputusan pembelian minyak goreng di pasar pagi
Kabupaten Aceh Tamiang tergolong tinggi dengan jumlah rata-rata skor 32,63>
28. Dan tipe perilaku konsumen minyak goreng dipasar pagi Kabupaten Aceh
Tamiang adalah tipe perilaku pembelian komplek yang mempunyai keterlibatan
yang tinggi dan konsumen menyadari perbedaan antar berbagai merek