Abstract:
Promosi dan citra merek sangat erat hubungannya dengan keputusan
pembelian, baik keputusan pembelian yang dilakukan oleh orang perorangan,
kelompok maupun organisasi dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka
Keputusan pembelian konsumen merupakan hal yang penting untuk selalu
diperhatikan oleh perusahaan dan menetapkan strategi pemasaran yang tepat
untuk dapat mempengaruhi konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
promosi terhadap keputusan pembelian dan citra merek terhadap keputusan
pembelian dan apakah terdapat pengaruh secara bersama-sama antara promosi
dan citra merek terhadap keputusan pembelian Beam pada PT. Dow Agro
Sciences Indonesia.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang melakukan
pembelian atau menggunakan produk pestisida pada PT. Dow Agro Sciences
Indonesia yang bermerek “Beam”. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik
Nonprobablity sampling yaitu menentukan sampel dari populasi secara
kebetulan bertemu atau memakai produk pestida dari PT. Dow Agro Sciences
Indonesia dengan ketentuan 100 responden. Teknik analisis data menggunakan
regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji t, uji f dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable Promosi (X1) memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai
thitung sebesar 3,618 dengan dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Citra
Merek (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian dengan nilai thitung sebesar 3,156 dengan dengan nilai signifikan
sebesar 0,002 < 0,05. Secara simultan variabel promosi dan citra merek memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai fhitung
sebesar 21,995 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Berdasarkan koefisien
determinasi (R square) yang diperoleh dalam penelitian ini sebesar 0,312. Hal ini
memiliki arti bahwa 31,20% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh
variabel Promosi (X1) dan Citra Merek (X2) sedangkan sisanya sebesar 68,80%
dapat dijelaskan oleh variabel bebas lainnya yang tidak diikutsertakan dalam
penelitian ini.