Abstract:
Perilaku konsumen sangat mempengaruhi hidup perusahaan sebagai
lembaga yang berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dengan
mempengaruhi sikap kosnumen para pemasar atau perusahaan brharap dapat
mempengaruhi perilaku pembelian konsumen.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada
pengaruh antara gaya hidup dan kualitas produk pada mahasiswa Universitas
Muhammdiyah Sumatera Utara.
Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri tari
gaya hidup dan kualitas produk. Sedangkan variabel dependennya adalah kepuusan
pembelian. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan
pendekatan Asosiatuf. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan kuesioner dan wawancara. Sedangkan teknik analisis datanya dengan
menggunakan korelasi sederhana, Uji t, Uji F dan Koefesien Determinasi. Pengolahan
data dalam penelitian ini menggunakan program software SPSS (statistic package for
the social science) for windows.
Berdasarkan hasil pembahasan diketahui adanya pengaruh signifikan
secara pasrial antar variabel gaya hidup (χ₁) terhadap keputusan pembelian ( ) dan
kualitas produk (χ₂) berpengaruh terhadap keputusan pembelian ( ) dan secara
simultan menyatakan bahwa gaya hidup (χ₁) dan kualitas produk (χ₂) berpengaruh
terhadap keputusan pembelian ( )
Penelitian ini menerima hipotesis penelitian, yaitu gaya hidup dan
fasilitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa
Universitas Muhammdiyah Sumatera Utara.