Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu, Bagaimana penerapan model
pembelajaran Scramble dalam meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas
XI MAS AL – WASHLIYAH 22 TEMBUNG Tahun Pembelajaran 2018/2019 ?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi siswa kelas XI
AK setelah menerapkan model pembelajaran Scramble di MAS AL – Washliyah
22 Tembung Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AK yang
keseluruhannya berjumlah 38 orang siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah
Model Pembelajaran Scramble untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pemberian tes untuk
melihat hasil belajar dan lembar observasi aktivitas siswa selama proses
pembelajaran berlangsung.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui tes dan observasi dapat
dilihat bahwa hasil belajar siswa pada tes awal (test) persentase siswa yang tuntas
sebanyak 7 orang siswa yaitu 21,21% dengan jumlah siswa 38 orang, Dengan
demikian hipotesis penelitian yaitu “Ada peningkatan hasil belajar akuntansi
siswa kelas XI AK MAS AL-WASHLIYAH 22 dengan menerapkan model
pembelajaran Scramble Tahun Pembelajaran 2018/2019 diterima”.
Dari data ini, dapat dilihat bahwa nilai siswa telah mengalami peningkatan
secara signifikan dan ketuntasan belajar siswa tercapai.