Abstract:
Pembelajaran ini dilakukan untuk mengutahui apakah pembelajaran
Akuntansi menggunakan media Komika (Komik Akuntansi) dapat meningkatkan
hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK BM Tarbiyah Islamiyah Tahun Ajaran
2018/2019 yang berjumlah 41 orang siswa dalam 1 kelas.
Teknik analisis data menggunakan tiga rumus yang pertama menghitung
presentase perubahan hasil belajar siswa secara klasikal, yang kedua menentukan
daya serap siswa secara individu dan yang ketigatingkat ketuntasan belajar
Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah media Komika (Komik
Akuntansi) tpenelitian yang digunakan adalah tes dan observasi.
Adapun hasil belajar siswa setelah menggunakan media Komika (Komik
Akuntansi) untuk siklus I siswa berjumlah 19 siswa ( 46,34%) dan yang tidak
tuntas berjumlah 22 siswa ( 53,66%) dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah
45, sedangkan untuk Hasil Belajar Siklus II siswa yang tuntas berjumlah 34 siswa
( 82,93%) dan yang tidak tuntas berjumlah 7 siswa ( 17,07% ) dengan Nilai
tertinggi 90 dan Nilai terendah 50. Dengan demikian hipotesis penelitian yaitu “
Ada Peningkatan hasil belajar akuntansi dengan menggunakan Komika (Komik
Akuntansi) siswa kelas X Akuntansi SMK Tarbiyah Islamiyah tahun
Pembelajaran 2018/2012