Abstract:
konseling individu merupakan suatu pemberian bantuan oleh seorang konselor
kepada yang memiliki permasalahan yaitu klien untuk memecahkan masalah klien
tersebut tanpa ketergantungan pada konselor sehingga permasalahan yang di hadapi
klien dapat teratasi,tujuan peneliti adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa
yang rendah sehingga minat belajar siswa lebih baik lagi, dengan menggunakan
instrumen observasi dan wawancara untuk menggali informasi mengenai siswa
yang memiliki minat belajar yang rendah dengan di terapkannya layanan konseling
individu kepada siswa VIII SMP Muhammadiyah 58 Sukaramai Medan Tahun
Ajaran 2019 / 2020 untuk meningkatkan Minat Belajar siswa terbukti berhasil,
dengan hasil ini dapat dilihat dari hasil kemampuan berfikir siswa secara sadar dan
mencari pemecahan masalah pribadi siswa serta bertanggung jawab atas segala
konsekuensi perbuatannya, tindakan yang dilakukan siswa, serta pesan dan kesan
yang telah disampaikan siswa pada saat kegiatan konseling individu serta hasil
yang di isi oleh perserta mengenai laiseg, maka kelihatan peningkatan minat belajar
siswa yaitu 55% - 75 % masalah mereka sudah teratasi. Dengan demikian untuk
meningkatkan minat belajar siswa layanan konseling individu sangat lah berperan.