Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Penerapan Layanan
Bimbingan Kelompok Untuk Mencegah Perilaku Kenakalan Remaja Siswa Kelas
XI SMA Negeri 1 Stabat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mencegah Perilaku Kenakalan
Remaja Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Stabat Tahun Pembelajaran 2016/2017,
bagaimana penerapan layanan bimbingan kelompok terhadap siswa yang
mengalami masalah perilaku kenakalan remaja siswa di SMA Negeri 1 Stabat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.
Suatu pernyataan, maka penulis mengambil lokasi SMA Negeri 1 Stabat yang
menjadi subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Bimbingan dan
Konseling danWali Kelas sedangkan objek penelitian ini sebanyak 8 orang siswa
yang mengalami perilaku kenakalan remaja yang berbeda-beda, seperti ada siswa
yang terlambat, bolos, berkelahi, merokok, berjudi, meminum-minuman
berakohol dan sebagainya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan instrument observasi dan wawancara.Teknik analisis data dalam
penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Dari
hasil penelitian dapat diketahui bahwa dengan Penerapan Layanan Bimbingan
Kelompok Untuk Mencegah Perilaku Kenakalan Remaja pada siswa ternyata
telah berhasil sekitar 50% -75%. Dengan demikian, Penerapan Layanan
Bimbingan Kelompok dapat Mencegah Perilaku Kenakalan Remaja Siswa Kelas
XI SMA Negeri 1 Stabat.