Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut buah jeruk yang
menjadi preferensi konsumen di Pusat Pasar Kota Medan dan mengetahui atribut
yang paling dipertimbangkan konsumen dalam keputusan membeli buah jeruk di
Pusat Pasar Kota Medan.
Metode dasar dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif
analistis dan pelaksanaannya dengan teknik survei. Lokasi penelitian dipilih
secara sengaja (purposive) yaitu di Pusat Pasar Kota Medan. Penentuan sampel
dilakukan dengan metode accidental sampling, dengan jumlah responden 45
orang. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis
yang digunakan adalah analisis Chi Square dan analisis sikap multiatribut
Fishbein.
Hasil analisis Chi Square menunjukkan bahwa seluruh variabel buah jeruk
berbeda nyata pada taraf kepercayaan 95%. Artinya, Terdapat perbedaan
preferensi konsumen terhadap buah jeruk. Buah jeruk yang menjadi preferensi
konsumen di Pusat Pasar Kota Medan adalah jenis buah jeruk manis yang
mempunyai atribut; rasa manis, ukuran besar (6 – 8 buah/kg), warna kuning
kehijauan, dan aroma harum. Berdasarkan analisis Fishbein diketahui bahwa
atribut yang paling dipertimbangkan oleh konsumen dalam keputusan pembelian
buah jeruk adalah atribut rasa. Urutan atribut dari yang paling dipertimbangkan
sampai dengan yang kurang dipertimbangkan adalah rasa, warna, ukuran, dan
aroma.