Abstract:
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui penerimaan diri siswa melalui layanan
konseling individual. Layanan konseling individual adalah pelayanan bimbingan dan
konseling yang memungkinkan peserta didik (klien) mendapatkan langsung tatap
muka (perorangan) dengan guru bimbingan dan konseling (konselor) dalam rangka
membantu klien memecahkan masalah dan mengoptimalkan potensi dirinya.
Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 1 Medan dengan responden dua
orang siswa yang mengalami masalah penerimaan diri pada bentuk tubuh. Hasil dari
penelitian ini diproleh melalui dua kali proses layanan yang diberikan kepada
responden. Dan hasil penelitian yang di lakukan di SMP Muhammdiyah 1 Medan
dapat diketahui bahwa sanya pelaksanaan bimbingan dan konseling itu sendiri sudah
berjalan cukup baik hanya saja pelaksanaan konseling individual nya belum cukup
baik. Dan peneriman diri siswa mulai meningkat setelah proses konseling itu
dilaksanakan.