Abstract:
Kopi kerap kali menjadi topik diskusi dan penelitian dalam studi ilmiah,
karena saat ini kopi merupakan salah satu jenis tanaman yang paling digemari
diseluruh dunia. Salah satu satu kopi yang terkenal di Indonesia adalah kopi aceh.
Jenis kopi aceh yang terkenal adalah kopi gayo (Arabika) dan kopi Ulee Kareeng
(Robusta). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses
pengambilan keputusan dalam pembelian kopi aceh, faktor apakah yang
mempengaruhi perilaku konsumen dan sikap dan perilaku konsumen.
Penelitian ini dilakukan di kedai kopi Rumoh Kupie Atjeh Jl. Menteng
Raya. Kecamatan Medan Denai. Kota Medan. Sumatera Utara. Populasi dalam
penelitian ini tidak diketahui sehingga diperlukan tindakan pengambilan sampel.
Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang sebagai konsumen. Teknik
pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Metode
pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Metode analisis data
menggunakan deskriptif, analisis faktor dan analisis Sikap dan perilaku Fishbein.
Berdasarkan hasil dari analisis masalah pertama yaitu proses pengambilan
keputusan pembelian kopi aceh di rumoh kupie atjeh melalui lima tahapan yaitu
pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan
pembelian, dan perilaku pasca pembelian. Berdasarkan hasil dari analisis masalah
kedua yaitu menggunakan analisis faktor dapat diketahui bahwa yang paling
dominan mempengaruhi perilaku konsumen adalah faktor psikologi dengan nilai
extraction 0,825 . Berdasarkan hasil dari analisis masalah ketiga dimana sikap
konsumen terhadap atribut kopi aceh baik yaitu dengan nilai 142,43 dan perilaku
konsumen juga baik yaitu sebesar 99,286
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah faktor psikologi merupakan faktor
yang paling dominan mempengaruhi perilaku konsumen dalam pengambilan
keputusan pembelian kopi aceh di rumoh kupie atjeh sikap dan perilaku konsumen
terhadap atribut kopi aceh dirmoh kupie atjeh baik.