Abstract:
Penelitian ini dilakasanakan pada bulan Februari 2018 di rumah makan ayam penyet
jakarta cab. Marelan. Jalan Marelan Raya No. 188, Rengas Pulau, Medan Marelan, Kota
Medan, Sumatera Utara. Kecamatan Medan Marelan berbatasan dengan Kabupaten Deli
Serdang di sebelah Barat, Medan Labuhan di sebelah Timur, Medan Helvetia di sebelah
selatan dan Medan Belawan di sebelah Utara.
Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis karakteristik konsumen terhadap menu
nasi urap ayam penyet di rumah makan Ayam Penyet Jakarta , Menganalisis sikap konsumen
terhadap menu nasi urap ayam penyet di rumah makan Ayam Penyet Jakarta, Menganalisis
tingkat kepuasan konsumen terhadap menu nasi urap ayam penyet di rumah makan Ayam
Penyet Jakarta, Menganalisis bauran pemasaran yang meliputi, product, price, place dan
promotion (4P) di rumah makan Ayam Penyet Jakarta.
Metode penelitian dilakukan dengan studi kasus (case study), yaitu metode yang
menjelaskan jenis penelitian mengenai suatu objek tertentu, atau suatu fenomena yang di
tentukan pada suatu tempat yang belum tentu sama dengan daerah lain. Metode penarikan
sampel menggunakan teknik non-probability yaitu accidental sampling. Sampel yang diteliti
sebanyak 30 sampel yang menjadi responden dengan ketentuan konsumen yang telah
berkunjung lebih dari satu kali. Metode analisis yang digunakan adalah metode IPA
(Importance Performance Analysis), metode CSI (Customer Saticfaction Indeks),metode
analisis multi atribut fishbein dan metode deskiptif .
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan sikap dan kepuasan konsumen
terhadap menu nasi urap ayam penyet dan kaitannya dengan bauran pemasaran di store ayam
penyet jakarta cab. Marelan dapat disimpulkan: Karakteristik konsumen menu nasi urap ayam
penyet menunjukkan bahwa konsumen didominasi oleh perempuan, umur 20 tahun dan
berpendidikan SMA dengan penghasilan sebesar >Rp1.500.000,00/bulan, Berdasarkan
analisis sikap konsumen nilai skor sikap (Ao) konsumen sudah positif dan beberapa atribut
dengan nilai tertinggi yaitu; halal, fariasi menu, manfaat. Tingkat kepuasan konsumen
analisis Customer Satisfaction Index (CSI) secara keseluruhan merasa puas dalam
mengonsumsi menu nasi urap ayam penyet jakarta. Berdasarkan analisis Importance Analysis
Performance (IPA) atribut yang ada pada kuadran I (prioritas utama) adalah atribut
kebersihan tempat. Selanjutnya atribut yang ada pada kuadran II (pertahankan prestasi)
adalah atribut rasa, higienitas,variasi menu, kenyamanan tempat, pelayanan, halal. Atribut
yang ada pada kuadran III (prioritas rendah) adalah atribut fasilitas toilet, harga, ukuran.
Sementara atribut yang ada di kuadran IV (berlebihan) adalah atribut manfaat, Berdasarkan
bauran pemasaran menu nasi urap ayam penyet di rumah makan ayam penyet jakarta sudah
menerapkan bauran pemasaran (marketing mix) dengan baik