Research Repository

Strategi Pengembangan Pasar Tradisional Dalam Bersaing Dengan Pasar Modern ( Studi Kasus : Pasar Sei Sikambing & Brastagi Supermarket Gatot Subroto Medan )

Show simple item record

dc.contributor.author Sihombing, M. Fariz Kazhimi
dc.date.accessioned 2020-11-10T03:01:59Z
dc.date.available 2020-11-10T03:01:59Z
dc.date.issued 2018-04-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9513
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan pasar tradisional dalam bersaing dengan pasar modern dan juga melihat permasalahan yang dihadapi pedagang serta melihat faktor yang menyebabkan konsumen tetap berbelanja di pasar tradisional dan faktor yang menyebabkan konsumen memilih berbelanja di pasar modern. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan metode wawancara dan pengamatan langsung di lapangan. Data pada skripsi ini didapatkan melalui wawancara terhadap pedagang, PD pasar dan juga konsumen masing – masing pasar dengan menggunakan kuesioner. Peneliti juga menggunakan data sekunder yang berasal dari PD pasar dan sumber pustaka lain yang mendukung penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa para pedagang di pasar tradisional memiliki berbagai macam masalah dari seluruh aspek yang di pakai pada penelitian. Alasan mengapa konsumen memilih berbelanja di pasar tradisional juga beragam yang dilihat pada seluruh aspek. Alasan mengapa konsumen memilih berbelanja di pasar modern juga beragam yang dilihat pada seluruh aspek. Posisi pasar tradisional berada pada strategi agresif. Strategi alternatif yang diambil dari matriks SWOT yakni : a). Memanfaatkan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan pasar modern agar dapat memenangkan persaingan dengan pasar modern. b). Menjaga kebersihan dan merawat infrastruktur agar menarik minat konsumen untuk berbelanja. c). Menjaga hubungan baik antara pedagang dengan konsumen dan memberikan pelayanan lebih akan memenangkan persaingan dengan pasar modern. d). Melakukan promosi agar menarik minat konsumen untuk berbelanja di pasar tradisional. en_US
dc.subject Pasar Tradisional dan Modern en_US
dc.subject Strategi Pasar Tradisional en_US
dc.subject Permasalahan pedagang en_US
dc.subject Alasan Konsumen en_US
dc.title Strategi Pengembangan Pasar Tradisional Dalam Bersaing Dengan Pasar Modern ( Studi Kasus : Pasar Sei Sikambing & Brastagi Supermarket Gatot Subroto Medan ) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account