Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan
pasar tradisional dalam bersaing dengan pasar modern dan juga melihat
permasalahan yang dihadapi pedagang serta melihat faktor yang menyebabkan
konsumen tetap berbelanja di pasar tradisional dan faktor yang menyebabkan
konsumen memilih berbelanja di pasar modern.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian
deskriptif, dengan metode wawancara dan pengamatan langsung di lapangan. Data
pada skripsi ini didapatkan melalui wawancara terhadap pedagang, PD pasar dan
juga konsumen masing – masing pasar dengan menggunakan kuesioner. Peneliti
juga menggunakan data sekunder yang berasal dari PD pasar dan sumber pustaka
lain yang mendukung penelitian.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa para pedagang di pasar
tradisional memiliki berbagai macam masalah dari seluruh aspek yang di pakai
pada penelitian. Alasan mengapa konsumen memilih berbelanja di pasar
tradisional juga beragam yang dilihat pada seluruh aspek. Alasan mengapa
konsumen memilih berbelanja di pasar modern juga beragam yang dilihat pada
seluruh aspek. Posisi pasar tradisional berada pada strategi agresif. Strategi
alternatif yang diambil dari matriks SWOT yakni : a). Memanfaatkan harga yang
relatif lebih murah dibandingkan dengan pasar modern agar dapat memenangkan
persaingan dengan pasar modern. b). Menjaga kebersihan dan merawat
infrastruktur agar menarik minat konsumen untuk berbelanja. c). Menjaga
hubungan baik antara pedagang dengan konsumen dan memberikan pelayanan
lebih akan memenangkan persaingan dengan pasar modern. d). Melakukan
promosi agar menarik minat konsumen untuk berbelanja di pasar tradisional.