Research Repository

Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Akuntansi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS di SMA Harapan Mekar Medan Tahun Pelajaran 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Sari, Puspita
dc.date.accessioned 2020-11-10T02:51:33Z
dc.date.available 2020-11-10T02:51:33Z
dc.date.issued 2018-03-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9498
dc.description.abstract Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas X IPS di SMA Harapan Mekar Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru pendidikan akuntansi terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS di SMA Harapan Mekar Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Harapan Mekar Medan yang beralamat di jalan Marelan Raya No.77 Kec.Medan Marelan Kota.Medan Kode.20255. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPS SMA Harapan Mekar Medan yang berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling dimana sampel dari kelas X IPS sebanyak 30 orang. Desain penelitian yang digunakan yaitu product moment. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kompetensi profesional guru akuntansi dalam bentuk pilihan berganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya sehingga soal dianggap baku. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas,uji regresi liniaer sederhana, dan uji hipotesis dalam menggunakan SPSS 21 for windows. Dari data angket kompetensi profesional guru menunjukkan hasil pengujian hipotesis menggunakan SPSS 21 for windows, dari hasil uji-t dimana kriteria pengujian adalah sig < 0,05 dan diperoleh sig adalah 0,000. Berdasarkan analisis thitung = 4,853 dan diperoleh ttabel = 2,048. Dengan demikian thitung > ttabel = (4,853 > 2,048) sehingga hipotesis diterima berarti bahwa hasil belajar akuntansi siswa yang diajarkan dengan kompetensi profesional, kompetensi paedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian diterima dengan positif. Dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh kompetensi profesional guru pendidikan akuntansi terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS di SMA Harapan Mekar Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. en_US
dc.subject Kompetensi Profesional Guru en_US
dc.subject Hasil Belajar Akuntansi Siswa en_US
dc.title Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Akuntansi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS di SMA Harapan Mekar Medan Tahun Pelajaran 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account