Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi
siswa kelas X IPS di SMA Harapan Mekar Medan Tahun Pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru
pendidikan akuntansi terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS di SMA Harapan
Mekar Medan Tahun Pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Harapan Mekar Medan yang
beralamat di jalan Marelan Raya No.77 Kec.Medan Marelan Kota.Medan
Kode.20255. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPS SMA
Harapan Mekar Medan yang berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel
yang digunakan adalah teknik random sampling dimana sampel dari kelas X IPS
sebanyak 30 orang. Desain penelitian yang digunakan yaitu product moment.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kompetensi profesional guru
akuntansi dalam bentuk pilihan berganda yang telah diuji validitas dan
reliabilitasnya sehingga soal dianggap baku. Teknik analisis data yang digunakan
yaitu uji normalitas,uji regresi liniaer sederhana, dan uji hipotesis dalam
menggunakan SPSS 21 for windows.
Dari data angket kompetensi profesional guru menunjukkan hasil
pengujian hipotesis menggunakan SPSS 21 for windows, dari hasil uji-t dimana
kriteria pengujian adalah sig < 0,05 dan diperoleh sig adalah 0,000. Berdasarkan
analisis thitung = 4,853 dan diperoleh ttabel = 2,048. Dengan demikian thitung > ttabel =
(4,853 > 2,048) sehingga hipotesis diterima berarti bahwa hasil belajar akuntansi
siswa yang diajarkan dengan kompetensi profesional, kompetensi paedagogik,
kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian diterima dengan positif.
Dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh kompetensi profesional guru
pendidikan akuntansi terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS di SMA Harapan
Mekar Medan Tahun Pelajaran 2017/2018.