Research Repository

Perbedaan Hasil Belajar Akuntansi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Creative Problem Solving dan Modelling The Way Siswa SMK Taman Siswa Medan T.A 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Pratiwi, Oktapia
dc.date.accessioned 2020-11-10T02:47:56Z
dc.date.available 2020-11-10T02:47:56Z
dc.date.issued 2018-08-29
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9493
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar akuntansi menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dan Modelling The Way pada Kompetensi Dasar Menganalisis Harga Pokok Produk Selesai Siswa SMK Taman Siswa Medan T.A 2017/2018. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XII Ak SMK Taman Siswa Medan. Penelitian ini dilakukan di SMK Taman Siswa Medan yang beralamat di Jl. Sabarudin No.8, Sei Rengas Permata, Medan Area, Kota medan, Sumatera Utara, Kodepos 20211. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas XII AK SMK Taman Siswa Medan. Teknik pengampilan sampel yang digunakan adalah teknik Total Sampling sehingga sampel yang digunakan adalah kelas XII Ak SMK Taman Siswa Medan yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis yang berbentuk essay test yang berjumlah 5 item valid. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriftif. Sebelum melakukan analisis maka terlebih dahulu melakukan uji persyaratan analisis yang terdiri dari menentukan nilai rata-rata dan simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Dari hasil data post-test CPS diperoleh rata-rata 72,83 dan simpangan baku 12,22. Sedangkan untuk data post-test MTW diperoleh nilai rata-rata 73,67 dan simpangan baku 17,56. Penelitian ini menggunakan uji liliefors untuk mengetahui normalitas data hasil belajar. Dari data perhitungan hipotesis diperoleh bahwa Harga = −6,885 dengan df = − 2 = 30-2 = 28 maka diperoleh = 1,701 untuk taraf kesalahan 0,05, maka dengan demikian hasil jatuh didaerah penerimaan baik pada taraf kesalahan 0,05 artinya hasil belajar menggunakan model Modelling The Way (MTW) baik dari pada hasil belajar menggunakan model Creative Problem Solving (CPS). Dengan demikian dapat dinyatakan kesimpulan bahwa diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar akuntansi dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Soolving dan Modelling The Way siswa SMK Taman Siswa Medan T.A 2017/2018. en_US
dc.subject Model pembelajaran Creative Problem Soolving dan Modelling The Way en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Perbedaan Hasil Belajar Akuntansi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Creative Problem Solving dan Modelling The Way Siswa SMK Taman Siswa Medan T.A 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account