Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil
belajar akuntansi menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving
dan Modelling The Way pada Kompetensi Dasar Menganalisis Harga Pokok
Produk Selesai Siswa SMK Taman Siswa Medan T.A 2017/2018. Masalah dalam
penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XII Ak SMK
Taman Siswa Medan.
Penelitian ini dilakukan di SMK Taman Siswa Medan yang beralamat di Jl.
Sabarudin No.8, Sei Rengas Permata, Medan Area, Kota medan, Sumatera Utara,
Kodepos 20211. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas XII AK
SMK Taman Siswa Medan. Teknik pengampilan sampel yang digunakan adalah
teknik Total Sampling sehingga sampel yang digunakan adalah kelas XII Ak
SMK Taman Siswa Medan yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan
adalah tes tertulis yang berbentuk essay test yang berjumlah 5 item valid.
Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriftif.
Sebelum melakukan analisis maka terlebih dahulu melakukan uji persyaratan
analisis yang terdiri dari menentukan nilai rata-rata dan simpangan baku, uji
normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Dari hasil data post-test CPS diperoleh rata-rata 72,83 dan simpangan baku
12,22. Sedangkan untuk data post-test MTW diperoleh nilai rata-rata 73,67 dan
simpangan baku 17,56. Penelitian ini menggunakan uji liliefors untuk mengetahui
normalitas data hasil belajar. Dari data perhitungan hipotesis diperoleh bahwa
Harga = −6,885 dengan df = − 2 = 30-2 = 28 maka diperoleh =
1,701 untuk taraf kesalahan 0,05, maka dengan demikian hasil jatuh
didaerah penerimaan baik pada taraf kesalahan 0,05 artinya hasil belajar
menggunakan model Modelling The Way (MTW) baik dari pada hasil belajar
menggunakan model Creative Problem Solving (CPS). Dengan demikian dapat
dinyatakan kesimpulan bahwa diterima.
Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar akuntansi dengan
menggunakan model pembelajaran Creative Problem Soolving dan Modelling The
Way siswa SMK Taman Siswa Medan T.A 2017/2018.