Abstract:
Faktor terbesar terjadinya kesalahan dalam etika berbicara siswa dipengaruhi oleh
pergaulan siswa baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan bermain..
Tujuan dalam layanan konseling individual melalui pendekatan behavior
merupakan menghilangkan dari kesalahan yang terjadi melalui proses belajar dan
menggantinya dengan pola perilaku yang sesuai. Sedangkan penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Etika Berbicara Siswa Kelas VII MTs
Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian
kualitatif. Subjek seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 3 Medan Tahun
Pembelajaran 2018/2019. Objek dalam penelitian ini adalah 5 orang siswa kelas
VII yang kurang baik etika berbicaranya. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini dengan menggunakan Observasi dan wawancara. Adapun Teknik
Analisis data pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan cara reduksi data,
penyajian data, dan kesimpulan.
Dari hasil analisis data yang menggunakan observasi dan wawancara serta
Penilaian segera (laiseg) setelah dilakukan layanan orientasi menunjukkan bahwa
5 orang siswa yang menjadi objek penelitian sudah mengalami peningkatan etika
berbicara yaitu 50-60%.