Abstract:
Penelitian ini dilaksanakan di Desa Umelah. Adapun tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui saluran pemasaran bawang merah serta mengetahui
sahre margin pada masing-masing lembaga pemasaran serta mengetahui efesiensi
pemasaran dari petani bawang merah. Sampel terdiri dari petani, pedagang
pengumpul, pedagang pengecer yang berada di daerah peneltian. Penentuan
sampel petani menggunakan metode sensus sedangkan pedagang pengecer dan
pengumpul menggunakan metode snowball yaitu cara pengambilan sampel yang
ada mulanya kecil sampel kemudian secara berjenjang bertambah sehingga
sampel yang diambil menjadi besar.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 2 saluran pemasaran dan
share margin pada saluran I sebesar 68% dan saluran pemasaran II sebesar 80%,
kemudian nilai efesiensi saluran pemasaran I adalah 9,92% dan saluran pemasaran
II 8,85% menunjukan lebih efesien saluran ke II karena (8,85 < 9,92).