Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, pendapatan,
dan jumlah tanggungan terhadap permintaan cabai merah di pasar kampung lalang
kota medan, untuk mengetahui tingkat perilaku konsumen terhadap permintaan
cabai merah di pasar kampung lalang kota medan.
Penentuan daerah penelitian dilakukan secara purposive atau secara
sengaja. Metode pengambilan sampel adalah accidental sampling. Metode analisis
yang digunakan adalah metode deskriptif dan metode analisis linier
berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) cabai merah merupakan
rempah yang paling dicari ketika berbelanja lebih banyak yang setuju dari pada
pernyataan yang lain nya yaitu sebanyak 20 sikap setuju (66%) dan pernyataan
konsumen membeli cabai merah hanya satu jenis/varietas di pasar tradisional
paling sedikit yang setuju yaitu sebanyak 6 sikap setuju (20%). (2) faktor-faktor
yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam mengkonsumsi cabai merah adalah
harga dan pendapatan. (3) pernyataan sikap positif banyak ditunjukkan konsumen
pada pernyataan “ Cabai merah merupakan rempah yang paling dicari ketika
berbelanja “ yaitu dengan hasil skala 110 (setuju).