Abstract:
Layanan koseling individual merupakan suatu bimbingan dan konseling
yang mendorong individu untuk memahami dan mengembangkan sikap dan
kebiasaan belajar yang baik sehingga memiliki kemampuan dan keterampilan
dalam kehidupannya terutama dalam hal belajar. Adapun tujuan dari penelitian ini
adalah untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan
di SMP Muhammadiyah 57 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
layanan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitataif dengan subjek
yaitu peneliti dan guru bk, dan objek peneliti adalah siswa kelas VII sebanyak 3
siswa yang kurang konsentrasi belajar. Proses pengambilan data dilakukan selama
tiga minggu yakni pada bulan Juli - Agustus 2019, dengan teknik pengumpulan
data, observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan:
penerapan layanan konseling Individual untuk meningkatkan konsentrasi belajar
yang dilakukan oleh peneliti berjalan dengan optimal dan berhasil meningkatkan
konsentrasi belajar siswa dilihat dari hasil observasi dan wawancara. Dan hal ini
terbukti pada perubahan siswa, yang tadinya sering tidak konsentrasi saat belajar
dan sekarang menjadi lebih meningkat konsentrasi belajar nya, karena kurang nya
konsentrasi belajar berdampak buruk pada hasil nilai siswa. Perubahan siswa
tersebut setelah mendapatkan layanan konseling Individual dalam upaya
pencapaian sasaran yang dilakukan bersama antara siswa dan guru bimbingan
konseling mencapai 92,00%. Dengan demikian bimbingan dan konseling sangat
berperan penting.