Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa yang
mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian Pisang Pasir Wais di
daerah penelitian, dan untuk mengetahui apakah faktor yang paling dominan
dalam keputusan pembelian Pisang Pasir Wais di daerah penelitian. metode
penelitian ini menggunakan metode Study Kasus (case study), dan metode
penentuan lokasi penelitian ditentukan dengan cara Purposive (sengaja), serta
metode penarikan sampel dilakukan dengan Metode Accidental Sampling. Untuk
pengumpulan data penelitian terdiri dari Data Primer dan Data Sekunder. Data
primer ini diperoleh dari wawancara dan observasi langsung kepada konsumen
dengan menggunakan kuesioner yang telah disiapkan serta data sekunder
diperoleh dari instansi terkait serta literatur yang terkait dengan penelitian. Untuk
metode analisis data menggunakan Uji Validitas dan Uji Reliabilitas dan
dianalisis menggunakan Skala Likert dan Regresi Linier Berganda yang diolah
menggunakan aplikasi SPSS 19.
Secara simultan variabel harga, produk, promosi, dan tempat memiliki
pengaruh nyata terhadap keputusan pembelian pisang pasir wais di kota medan.
Keputusan ini di dukung dengan adanya nilai R-Square sebesar 0,739 yang
mengartikan bahwa secara menyeluruh ada pengaruh yang erat antara harga,
produk, promosi, dan tempat bagi para pembeli pisang pasir wais di kota medan
sebesar 73,9 % dan 26,1 % dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel yang
diteliti. Variabel harga, nilai hasil signifikannya adalah 0,116 dengan nilai α =
0,05. Berarti (0,116 > 0,05) Bahwa variabel harga secara parsial tidak
berpengaruh nyata terhadap keputusan pembelian Pisang Pasir Wais di Kota
Medan.Variabel produk, nilai hasil signifikannya adalah 0,008 dengan nilai α =
0,05. Berarti (0,008 < 0,05) bahwa variabel produk secara parsial berpengaruh
nyata terhadap keputusan pembelian Pisang Pasir Wais di Kota Medan. Variabel
promosi, nilai hasil signifikannya adalah 0,000 dengan nilai α = 0,05. Berarti
(0,000 < 0,05) variabel promosi secara parsial berpengaruh nyata terhadap
keputusan pembelian Pisang Pasir Wais di Kota Medan. Variabel Tempat, nilai
hasil signifikannya adalah 0,734 dengan nilai α = 0,05. Berarti (0,734 > 0,05)
bahwa variabel tempat secara parsial tidak berpengaruh nyata terhadap keputusan
pembelian Pisang Pasir Wais di Kota Medan. Variabel Promosi dan Produk
merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan
pembelian Pisang Pasir Wais.