Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi personal
siswa pada siswa kelas X OTKP
4
SMK PAB 2 Helvetia tahun ajaran 2018/2019
dengang menggunakan metode assertive trainning. Penelitian ini menggunakan
jenis penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK) yang dilaksanakan dalam
dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan
refleksi. Pelaksanaan siklus II dilaksanakan untuk mengoptimalkan kemampuan
berkomunikasi personal siswa. Pengambilan subyek berjumlah 10 siswa kelas X
OTKP
4
SMK PAB 2 Helvetia tahun ajaran 2018/2019. Jenis tindakan yang
dilaksanakan adalah penerapan layanan konseling kelompok dengan
menggunakan metodde assertive trainning. Teknik pengumpulan data
menggunakan tiga instrumen yaitu lembar observasi, pedoman wawancara dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan layanan konseling
kelompok dengan metode assertive trainning dapat meningkatkan kemampuan
berkomunikasi personal siswa kelas X OTKP
4
SMK PAB 2 Helvetia. Penerapan
konseling kelompok dengan metode assertive trainning dapat meningkatkan
kemampuan berkomunikas personal dapat dilihat dengan adanya perubahan pola
berfikir, cara menyikapi setiap masalah, mampu menata ucapan, mampu
memperbaiki cara berkomunikasi, membangun hubungan yang baik dengan
teman, dan mampu menghargai orang lain serta menghargai pendapat orang lain.
Dibuktikan dengan dilaksanakannya tindakan dengan menggunakan dua siklus
serta adanya hasil observasi dan wawancara yang peneliti laksanakan dalam
beberapa kali dengan ini subyek menunjukkan adanya peningkatan dalam
berkomunikasi personal baik itu dari segi perilaku dan ucapan subyek.