Abstract:
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan
layanan konseling kelompok untuk meningkatkan kompetensi intrapersonal siswa
kelas X IPA SMA Harapan Mekar Medan. Sedangkan tujuannya adalah untuk
mengetahui penerapan layanan konseling kelompok untuk meningkatkan
kompetensi intrapersonal siswa kelas X IPA SMA Harapan Mekar Medan.
Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini
adalah kelas X IPA yang berjumlah 59 siswa. Sedangkan yang menjadi objek
dalam penelitian ini adalah siswa yang mengalami kompetensi intrapersonal
rendah yang berjumlah 8 orang. Adapun instrument dalam penelitian ini
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dilakukan dengam Kepala
Sekolah, Guru Bimbingan dan Konseling, dan Siswa kelas X IPA SMA Harapan
Mekar. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diketahui
bahwa konseling kelompok dapat meningkatkan kompetensi intrapersonal siswa
kelas X IPA SMA Harapan Mekar Medan. Hal ini dapat dilihat dari perubahan
tingkah laku siswa yang mengikuti konseling kelompok.