Abstract:
Tujuan penulis melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh citra
terhadap kepuasaan pelanggan PT. Bensatra, untuk mengetahui pengaruh kualitas
pelayanan terhadap kepuasaan pelanggan PT. Bensatra dan untuk mengetahui
mengetahui pengaruh citra dan kualitas pelayanan terhadap kepuasaan pelanggan
PT. Bensatra. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan
Acidental Sampling yaitu penentuan sampel secara kebetulan , dimana Jumlah
sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 50 pelanggan yang
melakukan penggunaan jasa periklanan pada PT. Bensatra
Hasil penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner Lalu melakukan uji
kualitas data yang digunakan adalah uji validitas dengan menggunakan Corrected
Item Total dan uji reabilitas menggunakan Cronbach Alpha yang diproses dan
dianalisis dengan menggunakan Regresi Berganda.. Untuk uji hipotesis dalam
penelitian ini menggunakan uji t, dan uji F serta melakukan uji determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel terdapat pengaruh positif
dan signifikan variabel citra terhadap variabel kepuasan pelanggan, pengaruh
positif dan signifikan variabel kualitas pelayanan terhadap variabel kepuasan
pelanggan dan terdapat pengaruh secara simultan pengaruh citra dan kualitas
pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, dengan tingkat persentase pengaruh
sebesar 0,706 atau 70,6%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang
tidak diteliti dalam penelitian ini, misalnya iklan, promosi dan variabel lainnya.