Abstract:
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan
tingkat kepuasan pelanggan dalam pembelian emas di pegadiaan dan toko emas
pusat pasar. Pendekatan ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif dan
komparatif. penulis mengambil sampel Pelanggan PT. Pegadaian (Persero)
sebanyak 50 orang dan pelanggan toko emas pusat pasar medan sebanyak 50
orang. Untuk menentukan pengambilan sampel penulis menggunakan teknik
accidental sampling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melaui angket. Berdasarkan hasil
penelitian bawah ada perbedaan nilai rata-rata kepuasan pelanggan terhadap
pembelian emas di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Medan Krakatau dan Toko
Emas Pusat Pasar Medan, dengan rata-rata kepuasan pelanggan Toko Emas
Pusat Pasar Medan adalah sebesar 151,30 dan rata-rata kepuasan pelanggan
PT. Pegadaian Cabang Medan Krakatau adalah sebesar 131,84. Terdapat
perbedaan kepuasan pelanggan terhadap pembelian emas di PT. Pegadaian
(Persero) Cabang Medan Krakatau dan Toko Emas Pusat Pasar Medan dengan
perolehan nilai Thitung > Ttable (15,382 > 1,984 ) dan nilai signifikasi < 10%
(0,000 < 0,10) hal ini menunjukan bahwa Ho ditolak.